Program Merdeka Sampah Pengelolaan Sampah Berwawasan Lingkungan

Views: 56
Iklan Pihak Ketiga
CopyAMP code
Waktu Baca1 Menit

Beritalidik.com ( Opini )

Program Merdeka Sampah  menjadi salah satu program unggulan Bupati Tegal sebagai upaya peningkatan kualitas lingkungan hidup.

Mendasari Peraturan Presiden no 97 tahun 2017 tentang kebijakan dan strategi nasional ( Jaktranas ) Pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga mengamanatkan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan untuk melakukan pengelolaan sampah terintegrasi mulai dari sumbernya sampai ke pemrosesan akhir.

Baca Juga :https://beritalidik.com/melalui-mekanisme-peraturan-kepala-daerah-perubahan-penjabaran-apbd-kabupaten-tegal-telah-ditetapkan/

Target yang ingin dicapai dalam Jakstranas adalah 100 persen sampah terkelola dengan baik dan benarpada tahun 2025 ( Indonesia Bersih dan Bebas Sampah ) yang diukur melalui pengurangan sampah sebesar 30 persen, dan penanganan sampah sebesar 70 persen.

Untuk mencapai target tersebut, Pemerintah Kabupaten Tegal, juga menyususn dokumen kebijakan strategi daerah ( Jakstrada ) sebagai upaya mewujudkan salah satu dari Sembilan program unggulan Bupati Tegal tahun 2019 – 2024 yang ketujuh yaitu peningkatan kualitas lingkungan hidup melalui pilot projeck Program Merdeka Sampah.

Melalui peraturan Bupati nomor 39 Tahun 2019 tentang kebijakan dan strategi dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga wajib mengurangi dan menangani sampah dengan cara yang berwawasan lingkungan serta dengan menumbuhkembangkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah sehingga sampah habis terkelola di desa.

Baca Juga :https://beritalidik.com/satu-tahun-harris-turino-jadi-politisi-senayan-ini-kata-masyarakat-di-daerah-pemilihannya/

Salah satu upaya untuk melaksanakan amanat dari kebijakan tersebut, maka pemerintah Kabupaten Tegal berinisiasi melaksanakan program desa merdeka sampah.

Paradigma dari program ini adalah pengurangan sampah disumbernya yang mendorong partisipasi masyarakat dengan mendorong perubahan perilaku secara masif. ( *** )

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan