HMI Brebes

Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Persiapan Brebes sukses menggelar Intermediate Training

Views: 72
Iklan Pihak Ketiga
CopyAMP code
Waktu Baca2 Menit

Beritalidik.com ( Brebes )

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Persiapan Brebes sukses menggelar Intermediate Training (Latihan Kader II) tingkat nasional yang berlangsung 10 hari, mulai tanggal 18-27 Agustus 2023 di Gedung Islamic Center, Kabupaten Brebes.

Hmi Cabang Persiapan Brebes merupakan cabang yang baru berdiri hasil dari pemekaran HMI Cabang Tegal tahun 2021 pada saat kongres HMI ke 31 di Surabaya dan disahkan pada Pleno 1 PB HMI dibulan April tahun 2022. Sehingga sejak HMI brebes berdiri, ini merupakan LK II yang pertama dilaksanakan dan membutuhkan waktu sekitar 3 bulanan untuk pelaksanaan training nasional sebesar ini.

Baca Juga : https://beritalidik.com/ketua-lp2-pp-muhammadiyah-pesantren-muhammadiyah-harus-menjadi-pesantren-unggul-berkemajuan/

Latihan Kader II merupakan salah satu jenjang pengkaderan formal di HMI yang mempunyai tujuan terbinanya kader HMI yang mempunyai kemampuan intelektual untuk memetakan peradaban dan memformulasikan gagasan dalam lingkup organisasi.

Latihan Kader II (LK II) tersebut diikuti oleh 34 peserta dari perwakilan HMI Cabang se-Indonesia, yakni Cabang Sorong Papua Barat, Cabang Sigli Aceh, Cabang Jember, Cabang Singaraja Bali, Cabang Kendari, Cabang Makassar Timur, Cabang Kabupaten Bandung, Cabang Lebak, Cabang Depok, Cabang Persiapan Kabupaten Tangerang, Cabang Kudus, Cabang Salatiga, Cabang Persiapan Lamongan, Cabang Jakarta Barat, Cabang Purwokerto, Cabang Kebumen, Cabang Ciputat, Cabang Sukoharjo, Cabang Tegal dan HMI Cabang Persiapan Brebes selaku penyelenggara.

HMI Brebes

Kegiatan LK II dilakukan dalam dua  tahap, yaitu proses screening dan forum. Screening berlangsung selama tiga hari pada 18-20 Agustus 2023. Sebelum screening, peserta melakukan registrasi terlebih dahulu. Setelah registrasi, peserta akan mendapatkan kartu screening.

Peserta melakukan screening mengenai pengetahuan organisasi HMI, yaitu BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an); Sejarah Peradaban Islam; Sejarah Peradaban HMI; Mission; Kepemimpinan, Manajemen dan Organisasi; Konstitusi; Nilai-nilai Dasar Perjuangan (NDP); serta screening Jurnal. Peserta yang telah melakukan screening akan mendapatkan tanda tangan yang kemudian akan menjadi syarat agar dapat memasuki tahap berikutnya, yakni forum. Dari hasil screening yang telah dilakukan, seluruh peserta berhasil melanjutkan ke tahap berikutnya, yakni masuk forum. Forum LK II secara resmi dibuka oleh KESBANGPOL Jawa Tengah yakni Bapak Harun, Ketua Umum BADKO HMI Jateng-DIY Nurkholis dan turut hadir pula memberikan sambutan Penjabat Bupati Brebes Bapak Urip Sihabudin, S.H., M.H.

Baca Juga : https://beritalidik.com/pimpinan-cabang-muhammadiyah-dan-pimpinan-cabang-aisyiyah-sukses-laksanakan-musyawarah-cabang/

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan kader Hmi sebagai kaum intelektual muda yang memiliki kemampuan analisis kritis hendaknya mampu melihat potensi yang ada demi kemajuan Pembangunan didaerah asal masing-masing peserta, termasuk Kabupaten Brebes. HMI hari ini terus menjadi harapan bagi Masyarakat dalam menyuarakan dan memperjuangkan kepentingan rakyat demi Indonesia yang berdaya dan bekemajuan. Dewasa ini, jaman yang telah berkembang pesat serta serba digital HMI harus terus berkreasi dan berinovasi dalam setiap kesempatan yang ada, sebab persaingan hari ini bukan antara warga desa-kota saja, melainkan antar negara.

Alfiah selaku Ketua umum HMI Cabang Persiapan Brebes dalam sambutannya turut menyampaian  harapan yakni  LK II yang telah dilaksanakan oleh HMI Cabang Persiapan Brebes dapat mencetak kader-kader yang berkualitas, memiliki kapasitas sebagai individu yang unggul, berkepribadian positif serta memiliki daya juang kuat menghadapi tantangan zaman yang kian kompleks. Peserta yang dinyatakan lulus dapat lebih siap meneruskan perjuangan dan pengabdian seorang kader Khususnya untuk Cabang asal mereka masing-masing, dan umumnya untuk membangun Masyarakat adil Makmur yang diridhoi Allah SWT sebagaimana Amanah konstitusi Himpunan. ( *** ) 

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan