Desa Mangunsaren

Desa Mangunsaren Kecamatan Tarub Sukses Mengelola Sampah Menjadi Pendapatan

Views: 49
Iklan Pihak Ketiga
CopyAMP code
Waktu Baca1 Menit

Beritalidik.com ( Slawi )

Desa Mangunsaren Kecamatan Tarub, berhasil mengatasi problem terkait sampah limbah rumahtangga. Meskipun masalah yang berkaitan dengan sampah, semakin sering diperbincangkan, bahkan tak jarang sampai menjadi viral di sosial media.

Guna mengatasi permasalahan terkait sampah ini, Pemerintah Desa Mangunsaren Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal, sejak tahun 2014, sudah melakukan upaya.

Baca juga : https://beritalidik.com/pintu-air-rusak-jalan-yamansari-guci-terendam-banjir/

Kepala Desa Mangunsaren, Warmo kepada media pada Rabu siang 9 Februari 2022 menyatakan ” sejak tahun 2014, pemerintah desa Mangunsaren sudah menyediakan bak sampah untuk dimanfaatkan masyarakat “

Warmo menambahkan ” Tahun anggaran 2021, Program merdeka sampah, yang digaungkan oleh pemerintah kabupaten Tegal melalui Peraturan Bupati Tegal no 27 tahun 2021 tentang merdeka sampah, pemdes Mangunsaren melalui Badan usaha milik desa ( BUMDes ) Mitra Karya Mandiri mengelola sampah dengan pola daur ulang yang menghasilkan pendapatan bagi Bumdes.

Desa Mangunsaren

” Sampah limbah rumahtangga dipilih, dan diolah menjadi kompos, pupuk organik cair, sedangkan limbah plastiknya dijual untuk dimanfaatkan kembali oleh industri ” Terangnya.

Baca juga : https://beritalidik.com/kapolri-jenderal-polisi-drs-listyo-sigit-prabowo-m-si-memimpin-upacara-peringatan-hari-ulang-tahun-hut-ke-41-satuan-pengamanan-satpam/

Saat disampaikan kepada Warmo, terkait Program desa merdeka sampah, bahwa pemkab Tegal memberikan bantuan keuangan Rp 100. 000.000 bagi pemdes, Warmo menyatakan Desa Mangunsaren tidak memperoleh bantuan dari Pemkab Tegal, melalui Dinas Lingkungan Hidup untuk mengatasi persoalan terkait sampah.

Dalam keterbatasan anggaran Dana Desa untuk penanganan Covid -19, upaya Kepala Desa Mangunsaren mengalokasikan anggaran guna mengatasi permasalahan sampan di Desanya, patut diapresiasi

Di Mangunsaren, tak nampak gundukan sampah ditepi jalan, kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan sudah berhasil disosialisasikan oleh Pemerintah Desa nya. ( *** ) 

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan