Businnes Gathering

Business Gathering Ekosistem Desa

Views: 35
Iklan Pihak Ketiga
CopyAMP code
Waktu Baca1 Menit

Beritalidik.com ( Slawi )

Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Tegal Hendadi Setiadji Pada acara Business Gathering Ekosistem Desa yang mengambil tema sinergi bersama BRI dari desa membangun Indonesia, pada salah satu Hotel di Slawi, Rabu (12/01/2022). Menyatakan “ Pemerintah daerah terus mendorong tumbuhnya inovasi berkelanjutan di desa dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk menangkap peluang bisnis di era ekonomi digital, Salah satunya dengan mendukung pelaksanaan Program Desa Brilian.

Program Desa Brilian yang digagas Bank Rakyat Indonesia (BRI), merupakan inovasi berkelanjutan di Desa dan Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes ) untuk menangkap peluang bisnis di era ekonomi digital.

Baca Juga : https://beritalidik.com/ketua-dpr-ri-pastikan-ruu-tpks-menjadi-ruu-inisiatif-dpr-ri/

Hendadi mengungkapkan, upaya memajukan BUMDes dan desa-desa binaan BRI tersebut sejalan dengan misi pembangunan jangka menengah Kabupaten Tegal 2019-2024 dalam membangun perekonomian rakyat yang kokoh, maju, berkeadilan, dan berkelanjutan.

Lebih lanjut Hendadi menambahkan bahwa inklusi keuangan sudah harus dimiliki masyarakat desa dan BUMDes. Hal tersebut menurutnya sangat membantu dalam menggerakan perekonomian desa dengan menjangkau aspek pasar dan kapital yang lebih luas.

Hanya saja yang perlu digarisbawahi adalah dalam memanfaatkan aset desa, termasuk BUMDes harus mengikuti ketentuan yang berlaku, seperti pengeloaan barang milik desa.

“Mendayagunakan aset atau potensi desa untuk sebesar-besarnya kemakmuran masyarakat desa ini penting dan harus. Namun saya perlu menegaskan bahwa aset di desa tersebut merupakan milik desa, sehingga pemanfaatannya pun juga harus dalam koridor,” ujarnya.

Hendadi pun berpesan agar kepala desa mampu memanfaatkan kesempatan pendampingan oleh BRI melalui Program Desa Brilian ini untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian ekonomi desa dengan mengembangkan potensi dan usaha unggulannya.

Baca Juga : https://beritalidik.com/virus-radikalisme-dan-terorisme-penyakit-yang-lebih-berbahaya-dari-covid-19/

Sebelumnya, Kepala BRI Cabang Slawi Sunarto mengatakan bahwa Program Desa Brilian ini merupakan upaya pihaknya dalam membina desa-desa agar perekonomiannya bisa lebih berkembang, di mana BUMDes akan menjadi lokomotif penggeraknya.

Hadirnya program ini, sambung Sunarto, untuk membangun ekosistem inovatif untuk membantu memecahkan masalah kemasyarakatan dan sosial desa secara kreatif, tentunya dilandasi penguatan literasi manajemen keuangan dasar dan literasi bisnis melalui skema inkubator BRI. ( *** ) 

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

One thought on “Business Gathering Ekosistem Desa

  1. CopyAMP code

Tinggalkan Balasan